Cara Menggambar Gear Atau Roda Gigi di CorelDRAW
Kalau jaman dulu namanya roda paksa, itu waktu jaman penjajahan bangsa
londo dan jepang yaitu kerja nggak dibayar, upahnya cuma nasi yang
banyak kutunya, hehehe... kalau tutorial kali ini tentang roda gigi yang
tidak ada hubungannya sama sekali dengan penjajahan bangsa londo. Roda
gigi erat hubungannya dengan urusan teknik, memang tukang nggambar
teknik biasa menggambar dengan AutoCAD karena memang berhubungan dengan
mesin motor atau juga mesin produksi, tapi disini kita akan mencoba
menggambar dengan CorelDRAW yang memang hanya untuk keperluan untuk
koleksi clipart saja, yang dalam proses pengerjaan dalam menggambar
tidak dibutuhkan ukuran yang akurat dan presisi, sebagai contoh seperti
macam-macam gambar gear diatas ini yang condong ke unsur desain
vector-nya.
Untuk membuat salah satu contoh gambar diatas langkahnya sebagai berikut;
1. Buat objek yang sudutnya lebih dari satu dengan klik pada Polygon
tool di toolbox klik mouse di area kerja CorelDRAW dan drag kebawah
dengan arah diagonal, hasilnya akan seperti gambar berikut;
2. Pada Property Bar > Poins or sides isi 18, hasilnya akan seperti gambar dibawah;
3. Beri warna coklat atau terserah suka-suka sampeyan, dan sembunyikan
outline dengan klik kanan pada pilihan X di Color Palette;
4. Pada Toolbox pilih Shape tool seleksi dua node, sembarang;
5. Pada Property Bar klik tombol Add nodes untuk menambah node;
6. Seleksi salah satu node dan geser keatas, seperti ini;
7. Tambah node lagi dengan klik pada garis, dan lakukan seperti langkah nomor 5 yaitu klik pada Add nodes pada Property Bar;
8. Geser keatas juga node yang sudah kita tambahkan tadi;
9. Selanjutnya buat dua objek lingkaran dengan Ellipse tool di Toolbox;
10. Seleksi semua objek dan pada Property Bar klik tombol Combine atau
sampeyan hanya tekan Ctrl+L di keyboard semua objek sudah ter-combine;
Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;
11. Selanjutnya untuk membuat sudut tumpul, munculkan menu Fillet/Scallop/Chamfer
pada Menu Bar > Window > Dockers > Fillet/Scallop/Chamfer,
pilih Fillet dan atur radius, kira-kira saja, kalau dirasa yakin cocok
klik Apply;
12. Langkah selanjutnya membuat objek perspektif, yaitu pada Menu Bar > Effects > Add Perspective;
13. Atur sudut pandang dengan menggeser-geser tanda yang dipojok-pojok itu, selaraskan dengan perasaan sampeyan;
14. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini;
15. Selanjutnya membuat efek ketebalan, arahkan mouse pada Toolbox >
pilih Extrude, arahkan mouse pada objek dan drag ke bawah;
16. Pada Property Bar > Extrusion Color Pilih yang paling kanan, dan sesuaikan warna extrude-nya;
17. Atur juga target cahaya dengan Extrusion Lighting juga pada Property Bar;
18. Hasil akhir akan seperti gambar dibawah ini sudah tampak arah datangnya cahaya dari mana, selesai..
Sumber : http://belajar-coreldraw.blogspot.com/2013/09/cara-menggambar-gear-atau-roda-gigi-di.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar